Thursday, November 12, 2009

Dasar Dasar Ilmu Politik : Tentang Kekuasaan

Kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau sekelompok manusia untuk mampu mempengaruhi tingkah lakunya seseorang atau sekelompok orang lain , sedemikian rupa sehingga tingkah laku itu menjadi sesuai dengan keinginan dan tujuan dari orang yang mempunyai kekuasaan itu . Gejala kekuasaan itu adalah gejala yang lumrah dalam setiap masyarakat , dalam semua bentuk hidup bersama .

Manusia mempunyai bermacam macam keinginan dan tujuan yang ingin di sekali di capainya . Untuk itu dia sering merasa perlu untuk memaksakam kemauannya atas orang atau kelompok lain . Hal ini menimbulkan perasaan pada dirinya bahwa mengendalikan orang lain adalah syarat mutlak untuk keselamatannya sendiri . Maka dari itu bagi orang banyak , kekuasaan itu merupakan suatu nilai yang ingin di milikinya . Kekuasaan sosial terdapat dalam hubungan sosial dan dalam semua organisasi sosial .

Kekuasaan sosial menurut Ossip K Flechthein adalah " Keseluruhan dari kemampuan , hubungan hubungan dan proses proses yang menghasilkan ketaatan dari fihak lain ... untuk tujuan tujuan yang di tetapkan oleh si pemegang kekuasaan " ( Social power is the sum total of all those capacities , relationships, and processes by which compliance of others is secured ... for ends determined by the power holder )

Definisi yang di berikan oleh Robert M Maclver adalah : " Kekuasaan sosial adalah kemampuan untuk mengendalikan tingkah laku orang lain , baik secara langsung dengan cara memberi perintah , maupun secara tidak langsung dengan mempergunakan segala alat dan cara yang tersedia " ( Social power is the capacity to control the behaviour of others eithers directly by fiat or indirectly by the manipulation of available means ) . Kekuasaan sosial terdapat dalam semua hubungan sosial dan dalam semua organsasi sosial .

No comments:

Post a Comment